Kamis, 10 Januari 2013

Es Krim :')



Cuaca terik matahari begini di tengah hari bolong yang enak ngapain ya?. Klo pertanyaan ini di lontarkan ke saya, gak pake mikir pasti langsung teriak “eeessssssskrrrriiiiiiimmmmm”. Walaupun kata sebagian orang makan es krim itu gak membantu melepas dahaga, malah bikin makin haus, tapi bagi saya es krim paling juara. Mau haus kaya apa, yang namanya es krim gak boleh di tolak.

Entah berawal dari mana saya bisa suka sama es krim. Dulu waktu saya masih SD, mama suka buatin es krim. Klo sekarang udah jarang, karena mama yang repot dan sayanya juga jarang di rumah. Hhehhe.. jadi di suruh beli jadi aja deh. Ragam es krim sekarang ini juga udah mulai banyak, produsen es krim mulai kreatif bikin varian rasa baru yang ngegoyang lidah. Selain itu porsinya juga gak lagi pake cup atau tangkai aja. Tapi udah lebih besar,, nyum nyum.. makin puas makannya deh.

Oiya, kalian tau Ragusa? Salah satu kedai es krim legendaris yang ada di daerah Jakarta Pusat?. Pasti tau kan?. Saya tau kedai es krim ini dari temen saya. Dia nunjukkin foto es krim yang dia pesen di kedai ke saya. Aduuuh bikin ngeces deeh. Kurang lebih seminggu kemudian saya pergi ke sana, dan kebetulan hari libur. Dan waaah, di luar dugaan banget. Tempatnya penuh, bahkan banyak dari para pengunjung yang harus antri. Antrinya pun bukan hanya antri dapet es krimnya, tapi mereka antri untuk dapet tempat duduk, karena tempat duduk yang disediain di tempat ini gak cukup banyak. Es krim yang di buat disini juga handmade loh, jadi bebas dari bahan pengawet. Walaupun harus antri agak lama, gak jadi masalah buat saya, karena banyak hiburannya koq. Ada pengamen yang suaranya indah banget, dan kalo kalian mau, kalian bisa request lagu sama dia. Disana juga ada foto-foto hitam putih Ragusa tempo dulu yang bergantungan di sekeliling dinding kedai.

Setelah 10 menit menunggu, akhirnya saya dapet tempat duduk. Saya langsung pesen es krimnya,  dan nunggu lagi es krimnya dateng. Memang butuh kesabaran untuk makan es krim disini, tapi waktu nunggu dengan rasa es krim yang kita nikmatin sebanding koq. Harga yang ditawarin juga terjangkau sama kantong mahasiswa kaya saya. Varian rasanya juga beraneka ragam. Yang paling sering di pesen sama pengunjung kedai es krim ini sih katanya spaghetti ice cream sama banana split. Spaghetti ice cream dibuat dari es krim vanilla yang di bentuk berulir-ulir seperti spaghetti, ditaburi dengan saus coklat, kacang dan sukade.

 
spaghetti ice cream


Kalo banana splitnya itu terdiri dari 3 scoop es krim, ada vanilla, coklat dan strawberry, ditaburi saus coklat, kacang dan sukade juga sama seperti spaghetti ice cream, tapi bedanya pada banana split ditambahin potongan pisang di kanan dan kirinya. Heeemm, di jamin gak nyesel.. varian lainnya juga ada koq, kalian tinggal liat menunya aja..


banana split


 
 Pengalaman lain saya tentang es krim gak hanya sampai di Ragusa. Kali ini di sekitar kampus, tepatnya sehabis makan siang. Gak tau kenapa, tiba-tiba saya merasa kesal. Entah apa alasannya, saya sendiri juga bingung. Hhehhehhe.. biasanya kalo kesel bawannya pengen marah-marah kalo enggak makan. Mau marah-marah saya juga gak tau marahnya ke siapa, keselnya karena apa aja saya gak tau. Terus kalo mau makan, masa iya makan lagi, kan baru selesai makan siang.. heeem,, bingung deh kan. Akhirnya saya inget sama sesuatu yang ada di belakang kampus, toko es krim cone. Hehehe.. beli deh tuh akhirnya, satu es krim cone vanilla. Setelah dapet es krimnya, saya pikir kesel saya sedikit mereda, ternyata enggak, saya makan es krim seperti makan lanting, makanan khas jawa yang kerasnya lumayan bikin gigi kerja keras. Tekstur es krim yang lembut yang seharusnya bisa ancur hanya dengan mengulumnya tapi itu gak saya lakukan, malah saya gigit, saya kunyah. Padahal saya masih makan bagian es krimnya, belum sampe conenya. Mungkin ini luapan kekesalan saya yang tidak beralasan, tapi saya jadi mikir, apa salah itu es krim yaa??.

Waktu gigitan pertama kali, setelah saya mengunyah es krim itu satu-dua kali dan sampai ke tenggorokan saya, seketika nyes nyes nyes….. otak saya yang tadinya panas karena bawaan si kesel jadi dingin sama kaya si eskrim yang sekarang kayanya udah sampe ke organ pencernaan saya. Belum puas dari yang pertama, saya lakuin lagi hal yang sama untuk kedua kalinya, dan masih sama hasil yang saya rasa. Ketiga kalinya pun masih sama rasanya. Sampai akhirnya es krim itu habis. Dan kesel saya pun lumer bersamanya.

Dari kejadian ini, saya dapet sesuatu yang entah datangnya dari mana. Sesuatu yang hadir tiba-tiba kepikiran saya. Tentang es krim, saya ingin hidup seperti filosofi orang memakan es krim. Kayanya sih filosofi ngasal, tapi gak tau kenapa saya suka “hiduplah seperti es krim, bagaimanapun cara orang menghancurkanmu, tetaplah berikan rasa sejuk untuk mereka”. Maksudnya, bagaimanapun cara orang bikin kalian kesel, marah atau menghancurkan sesuatu yang telah kalian bangun, apapun itu. Jangan pernah membalas bahkan sampai mendendam, tetep sabar dan terima apa adanya. Karena tidak seharusnya kejahatan harus dibalas dengan kejahatan, kejahatan akan menjadi indah apabila dibalas dengan kebaikan. Sejak hari itu, saya makin suka sama es krim. Dalam kurun waktu seminggu, pasti saya pernah makan es krim minimal satu sampai dua kali


Tidak ada komentar:

Posting Komentar