Sabtu, 22 Juni 2013

RAMADHAN TIBA...



Ramadhan tiba.. Ramadhan tiba…
Ramadhan tinggal menghitung hari, gak berasa kalo kita udah mau masuk di bulan Ramadhan lagi. Perasaan baru kemaren pulang kampung dan merayakan lebaran. Gak mau kalah dengan iklan-iklan sirup dan obat maag di televisi yang udah mulai bermunculan, iklan andalan saat bulan ramadhan. Maka saya juga mau mulai membahas sedikit tentang bulan Ramadhan.

Two important meals yang gak pernah terlewatkan di bulan ramadhan itu ya saat sahur dan berbuka. Kita diharuskan untuk menyantap hidangan yang memenuhi kebutuhan kita saat sahur dan berbuka. Ramadhan tiba dan tubuh kita berkesempatan untuk berhenti sejenak dari kerja beratnya. Saat tidak ada makanan masuk maka tubuh melakukan detoksifikasi. Karena itu, agar puasa Anda maksimal lahir batin, pastikan setiap makanan yang Anda konsumsi tidak hanya dapat menguatkan, namun juga menyehatkan tubuh Anda. Pastikan Anda menyantap hidangan yang memenuhi kebutuhan tubuh saat sahur dan berbuka.

Santapan Sahur
Sahur pantang untuk dilewatkan. Selain disunahkan, tanpa sahur tubuh bagaikan mobil yang kurang diisi bensin. Saaat sahur, sebaiknya Anda memilih makanan yang terdiri dari karbohidrat seperti nasi merah, ubi, spageti, kentang, roti gandum, atau bubur kacang hijau dengan tambahan protein seperti olahan ikan, ayam, atau telur. Mengkonsumsi karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks seperti nasi merah akan membuat Anda tak mudah lapar. Jangan lupakan pula tambahan serat, baik dari sayur-sayuran atau buah-buahan, sebagai ‘sapu’ alami untuk membersihkan usus.

Saat sahur, hindari lemak dengan kolesterol tinggi seperti kuning telur, cumi, udang, kepiting atau jeroan, terutama yang digoreng karena akan membuat Anda cepat haus. Cobalah perbanyak makan sayur dan buah. Untuk minuman, pilih minuman manis yang terbuat dari gula alami, seperti air kelapa atau jus buah tanpa tambahan gula.

Mungkin menu di bawah ini bisa menjadi rekomendasi santap sahur anda.
      a.       Nasi merah dengan soto ayam
      b.      Bubur kacang hijau dengan gula aren
      c.       Sandwich isi daging dan sayuran
      d.      Bubur ayam sukabumi
      e.       Nasi kuning dengan lauk lengkap

Sahabat Saat Berbuka
Jangan kalap saat berbuka. Makanan dan minuman yang manis memang paling dianjurkan untuk menaikkan kadar gula tubuh, tapi, pilih makanan dan minuman yang relatif lebih sehat. Ganti teh manis atau kolak dengan jus dari buah-buahan yang mengandung banyak air seperti jus melon, semangka, atau jeruk.

Setelah lidah terasa segar, lanjutkan dengan menyantap menu lengkap dengan porsi yang sama seperti sahur. Hindari makanan bersantan seperti gulai dan rendang, atau yang digoreng seperti bakwan dan tempe goreng. Pasalnya, makanan gorengan akan membuat anda ngantuk saat tarawih.

Di bawah ini merupakan beberapa menu rekomendasi untuk berbuka.
      a.       Nasi merah dengan sate ayam
      b.      Nasi putih dengan soto ayam
      c.       Spageti dengan saus tuna
      d.      Gado-gado dengan lontong
      e.       Nasi putih dengan rawon

Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca dan selamat menjalankan ibadah puasa. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar