Jumat, 28 Juni 2013

Tips Berinternet Sehat



ICT Watch, organisasi pemerhati aktivitas internet di Indonesia melalui Internet Sehat memberikan beberapa tips yang bermanfaat untuk menanggapi permasalahan Cyberbully. Penekanan pada pengetahuan pengguna internet terhadap pentingnya untuk menggunakan internet secara beretika menjadi solusi dalam upaya membasmi cyberbully. Berikut etika dalam menggunakan internet yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna internet, termasuk Anda.

      1.      Jangan berbohong
Berbohong di internet akan membuat buruk citra kita, pengguna internet lain mungkin tidak akan pernah mempercayai kita lagi. Bisa saja akan ada yang melaporkan kita ke pihak berwenang karena dituduh menyebarkan berita palsu.
      
      2.      Jangan membenci
Jangan menyebarkan kebencian di internet. Bila Anda benci terhadap sesuatu janngan menuliskannya di internet. Posting tentang kebencian di internet akan menimbulkan cyberbully dan membuat kesan buruk tentang diri Anda.
 
      3.      Saling berbagi
Internet akan terasa sangat berarti bila penggunanya bisa saling berbagi terutama tentang informasi penting dan hal lainnya yang dirasa bermanfaat positif di kalangan para pengguna internet.

      4.      Jangan mengutuk
Bila kita memiliki pemahaman atau pemikiran yang berbeda dengan orang lain di internet, maka tidak boleh mengutuk atau mengejeknya. Hal ini akan menyebabkan timbulnya cyberbully dan dikhawatirkan akan terjadi saling ejek di antara pengguna internet. Ada baiknya untuk menghormati semua pengguna internet dengan tetap sopan dan ramah dalam berinteraksi di dunia maya.

      5.      Jangan melecehkan
Kata-kata yang tidak sopan sebenarnya sangat tabu di internet. Perbincangan tanpa bertatap muka dan mendengar suara akan sangat membingungkan. Bisa saja kita dianggap marah walaupun sebenarnya hanya bergurau. Jangan pernah melecehkan sesuatu di internet, ini akan menimbulkan kebencian dari orang lain terhadap kita.

      6.      Berbagi informasi akurat
Berkomunikasilah dengan berbagai informasi yang akurat. Cek dulu kebenaran suatu informasi sebelum menyebarkan kepada para pengguna internet lainnya.

      7.      Perbaiki kesalahan
Jika terlanjur membuat kesalahan di internet maka meminta maaflah dengan penuh rasa penyesalan yang mendalam. Jadikan pelajaran agar kelak tidak mengulangi kesalahan lagi serta berusaha untuk lebih cermat dan bijaksana dalam menggunakan internet.

      8.      Perlihatkan kasih
Jika Anda menjadi korban cyberbully dengan ada orang yang mengejek Anda, maka jangan membalasnya. Abaikan saja dan maafkan Dia, membalasnya malah akan memperpanjang masalah. Tunjukkan citra positif di diri Anda sehingga membuat orang lain sadar bahwa Anda tidak pantas untuk diejek.

      9.      Hormati privasi
Jangan mengumbar informasi pribadi dan hal sensitif orang lain. Hal seperti itu tidak lucu dan tidak baik serta tidak pantas untuk dibagi dengan orang lain. Banyak orang justru merasa risih saat ada orang yang sangat terbuka terhadap hal-hal pribadi.

      10.  Pertimbangkan dahulu
Kampanye Think Before Posting selayaknya menjadi slogan bagi pengguna internet. Pikirkan dengan matang sebelum menulis postingan, penyesalan selalu datang belakangan. Berhati-hatilah jangan berperilaku sembarangan, bisa saja kita mendapat resiko sangat buruk yang bahkan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

referensi : Nuansa (2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar