Sabtu, 22 Juni 2013

Bingkisan Menyenangkan


Giving out Eid Al-Fitri parcels is one wonderful way for giving and spreading happiness to the dearest people in your life”.

Di beberapa tulisan sebelumnya, saya bercerita beberapa hal mengenai puasa. Nah, kali ini saya akan membahas sedikit mengenai bingkisan menyenangkan yang selalu muncul saat kita merayakan hari raya Idul Fitri.

Idul Fitri dirayakan sebagai hari kemenangan setelah selama sebulan berpuasa. Banyak tradisi yang mengiringi perayaan Idul Fitri, salah satunya adalah dengan memberikan parcel Lebaran. Tradisi memberikan parcel memang sulit untuk dihilangkan. Tren saat ini, pemberian parcel justru tidak lagi hanya dilakukan oleh perusahaan kepada rekan kerja atau rekan bisnisnya saja, melainkan juga meluas pada kalangan ibu rumah tangga hingga remaja.

Mengirim Parsel
Meskipun teknologi SMS, Email, BBM bahkan Twitter berhasil menggeser tren mengirimkan kartu ucapan Lebaran kepada kerabat terdekat, namun teknologi belum bisa menyaingi kesan yang ingin disampaikan lewat bingkisan atau parcel. Beberapa orang masih menilai parcel sebagai wujud nyata dari ungkapan penghargaan, ucapan terima kasih dan berbagi kebahagiaan kepada orang yang dituju. Untuk itu, parcel tetap menjadi tradisi yang bertahan bahkan kian berkembang dengan variasi bentuk yang memungkinkan bagi remaja bahkan ibu rumah tangga untuk turut ikut serta menyemarakkan tradisi ini.

Parcel dapat ditujukan untuk siapa saja, tidak terkecuali kepada kekasih bahkan orang tua. Agar parcel mampu meninggalkan kesan yang mendalam bagi penerimanya, sesuaikan isi parcel dengan kebutuhan orang yang dituju. Dengan sentuhan personal, Anda dapat merangkaikan sesuatu yang tidak hanya memberikan kepuasan bagi penerimanya tetapi juga kepuasan bagi diri Anda sendiri.

Buat Sendiri
Yuk membuat parcel sendiri! Tidak sulit kok, terlebih sekarang banyak wadah/keranjang jadi yang terbuat dari beraneka bahan seperti jerami, bambu, kardus, besi bahkan plastik yang bisa dikreasikan menjadi bentuk parcel menarik. Berikut beberapa jenis parcel unik yang bisa jadi alternatif hantaran bagi orang-orang yang Anda hormati.
      a.       Parcel bumbu dapur untuk orang tua, paman, atau bibi yang hobi memasak.
      b.      Parcel buku agama, Al Quran mini, dan bacaan doa sehari-hari untuk teman atau kerabat dekat.
      c.       Parcel bahan makanan organik untuk kerabat yang peduli kesehatan tubuh.
      d.      Parcel makanan kering seperti abon, kering tempe, kentang pengantin untuk rekan sejawat.
      e.       Parcel perlengkapan dapur untuk kerabat yang baru membina rumah tangga.

Teliti Sebelum Membeli!
Jika Anda tidak mau repot dan ingin membeli parcel jadi untuk diberikan ke kerabat Anda, perhatikan hal-hal dibawah ini :
      a.       Pastikan produk yang dikemas adalah produk-produk yang halal dengan label MUI.
    b.      Lihat dengan baik kondisi produk di dalam bingkisan, karena beberapa produsen ‘nakal’ suka memberikan produk yang rusak, penyok, bahkan tidak layak konsumsi untuk dibuat parcel jadi.

1 komentar: